Written by: Admin
Share Impression SEO, Insurance, Schoolarsip, All Update Updated at: March 01, 2016
Pengertian Strategi Pembelajara
Strategi merupakan usaha untuk memperoleh kesuksesan dan
keberha-silan dalam mencapai tujuan. Dalam dunia pendidikan strategi dapat
diartikan sebagai a plan, method, or series of activities designed to achieves a
particular educational goal (J.
R. David, 1976). Strategi pembelajaran dapat diartikan sebagai perencanaan yang
berisi tentang rangkaian kegiatan yang didesain untuk mencapai tujuan
pendidikan tertentu. Strategi pembelajaran merupakan rencana tindakan
(rangkaian kegiatan) termasuk penggunaan metode dan pe-manfaatan berbagai
sumber daya atau kekuatan dalam pembelajaran yang di-susun untuk mencapai
tujuan tertenu. Dalam hal ini adalah tujuan pembela-jaran.
Pada mulanya istilah strategi banyak
digunakan dalam dunia militer yang diartikan sebagai cara
penggunaan seluruh kekuatan militer untuk memenang-kan suatu peperangan.
Sekarang, istilah strategi banyak digunakan dalam ber-bagai bidang kegiatan yang
bertujuan memperoleh kesuksesan atau keberha-silan dalam mencapai tujuan. Misalnya
seorang manajer atau pimpinan peru-sahaan yang menginginkan keuntungan dan
kesuksesan yang besar akan me-nerapkan suatu strategi dalam mencapai tujuannya
itu, seorang pelatih akan tim basket akan menentukan strategi yang dianggap
tepat untuk dapat meme-nangkan suatu pertandingan. Begitu juga seorang guru
yang mengharapkan hasil baik dalam proses pembelajaran juga akan menerapkan
suatu strategi agar hasil belajar siswanya mendapat prestasi yang terbaik.
Strategi pembelajaran adalah suatu kegiatan pembelajaran yang harus dikerjakan guru dan siswa agar tujuan pembelajaran
dapat dicapai secara efek-tif dan efisien. Kemp (1995). Dilain pihak Dick
& Carey (1985) menyatakan bahwa strategi pembelajaran adalah suatu set
materi dan prosedur pembela-jaran yang digunakan secara bersama-sama untuk
menimbulkan hasil belajar pada siswa.
Strategi pembelajaran merupakan hal yang perlu di perhatikan oleh se-orang
instruktur, guru, widyaiswara dalam proses pembelajaran. Paling tidak ada 3
jenis strategi yang berkaitan dengan pembelajaran, yakni: (a) strategi
pengorganisasian pembelajaran, (b) strategi penyampaian pembelajaran, dan (c)
strategi pengelolaan pembelajaran.
1.
Strategi Pengorganisasian
Pembelajaran
Reigeluth, Bunderson dan Meril (1977) menyatakan strategi mengorga-nisasi
isi pelajaran disebut sebagai struktural strategi, yang mengacu pada ca-ra
untuk membuat urutan dan mensintesis fakta, konsep, prosedur dan prinsip yang
berkaitan.
Strategi pengorganisasian, lebih lanjut dibedakan menjadi dua jenis, ya-itu
strategi mikro dan strategi makro. Startegi mikro mengacu kepada metode untuk pengorganisasian isi pembelajaran yang
berkisar pada satu konsep, atau prosedur atau prinsip. Strategi makro
mengacu kepada metode untuk mengor-ganisasi isi pembelajaran yang melibatkan
lebih dari satu konsep atau prose-dur atau prinsip.
Strategi makro berurusan dengan bagaimana memilih, menata urusan, membuat
sintesis dan rangkuman isi pembelajaran yang saling berkaitan. Pe-milihan isi
berdasarkan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai, mengacu pa-da penentapan
konsep apa yang diperlukan untuk mencapai tujuan itu. Pena-taan urutan isi
mengacu pada keputusan untuk menata dengan urutan tertentu konsep yang akan
diajarkan. Pembuatan sintesis diantara konsep prosedur atau prinsip. Pembauatn
rangkuman mengacu kepada keputusan tentang ba-gaimana cara melakukan tinjauan
ulang konsepnserta kaitan yang sudah dia-jarkan.
2.
Strategi
Penyampaian Pembelajaran.
Strategi penyampaian isi
pembelajaran merupkan komponen variabel
metode untuk
melaksanakan proses pembelajaran. Fungsi strategi penyam-paian pembelajaran
adalah: (1) menyampaikan isi pembelajaran kepada pebe-lajar, dan (2) menyediakan
informasi atau bahan-bahan yang diperlukan pe-belajar untuk menampilkan unjuk
kerja.
3. Strategi Pengelolaan Pembelajaran
Strategi pengelolaan
pembelajaran merupakan komponen variabel me-tode yang berurusan dengan
bagaimana menata interaksi antara pebelajar de-ngan variabel metode
pembelajaran lainnya. Strategi ini berkaitan dengan pe-ngambilan keputusan
tentang strategi pengorganisasian dan strategi penyam-paian mana yang digunakan
selama proses pembelajaran. Paling tidak, ada 3 (tiga) klasifikasi penting
variabel strategi pengelolaan, yaitu penjadwalan, pembuatan catatan kemajuan
belajar siswa, dan motivasi.
Beberapa Istilah dalam
Strategi Pembelajaran
Beberapa istilah yang hampir sama dengan
strategi yaitu metode, pendekatan, teknik atau taktik dalam pembelajaran.
1. Metode
Metode merupakan upaya untuk
mengimplementasikan rencana yang sudah disusun dalam kegiatan nyata agar tujuan
yang telah disusun tercapai secara optimal. Metode digunakan untuk
merealisasikan strategi yang telah ditetapkan. Strategi menunjuk pada sebuah
perencanaan untuk mencapai se-suatu, sedangkan metode adalah cara yang dapat
digunakan untuk melaksa-nakan strategi. Dengan demikian suatu strategi dapat dilaksanakan
dengan berbagai metode.
2. Pendekatan
(Approach)
Pendekatan (approach) merupakan titik tolak atau sudut pandang kita terhadap
proses pembelajaran. Strategi dan metode pembelajaran yang digu-nakan dapat
bersumber atau tergantung dari pendekatan tertentu. Roy Killen (1998) misalnya,
mencatat ada dua pendekatan dalam pembelajaran, yaitu pendekatan yang berpusat
pada guru (teacher-centred approaches) dan
pen-dekatan yang berpusat pada siswa (student-centred
approaches). Pendekatan yang berpusat pada guru menurunkan strategi
pembelajaran langsung (direct
instruction), pembelajaran deduktif atau pembelajaran ekspositori. Sedang-kan,
pendekatan pembelajaran yang berpusat pada siswa menurunkan strategi
pembelajaran discovery dan inkuiri serta strategi pembelajaran induktif.
3.
Teknik
Teknik adalah cara
yang dilakukan seseorang dalam rangka mengimple-mentasikan
suatu metode. Misalnya, cara yang harus dilakukan agar metode ceramah berjalan
efektif dan efisien. Dengan demikian, sebelum seseorang melakukan proses
ceramah sebaiknya memperhatikan kondisi dan situasi. Misalnya, berceramah pada
siang hari setelah makan siang dengan jumlah siswa yang banyak tentu saja akan
berbeda jika ceramah itu dilakukan pada pagi hari dengan jumlah siswa yang
terbatas.
Baca Juga :
4. Taktik
Taktik adalah gaya seseorang dalam
melaksanakan suatu teknik atau metode tertentu. Taktik sifatnya lebih
individual, walaupun dua orang sama-sama menggunakan metode ceramah dalam
situasi dan kondisi yang sama, sudah pasti mereka akan melakukannya secara
berbeda, misalnya dalam tak-tik menggunakan ilustrasi atau menggunakan gaya
bahasa agar materi yang disampaikan mudah dipahami.
Dari penjelasan di atas, dapat disimpulkan
bahwa suatu strategi pembela-jaran yang
diterapkan guru akan tergantung pada pendekatan yang digunakan,
sedangkan bagaimana menjalankan strategi itu dapat ditetapkan berbagai me-tode
pembelajaran. Dalam upaya menjalankan metode pembelajaran guru da-pat
menentukan teknik yang dianggapnya relevan dengan metode, dan peng-gunaan
teknik itu setiap guru memiliki taktik yang mungkin berbeda antara guru yang
satu dengan yang lain.