Written by: Admin
Share Impression SEO, Insurance, Schoolarsip, All Update Updated at: March 01, 2016
Pengertian Strategi Pembelajara
Strategi merupakan usaha untuk memperoleh kesuksesan dan
keberha-silan dalam mencapai tujuan. Dalam dunia pendidikan strategi dapat
diartikan sebagai a plan, method, or series of activities designed to achieves a
particular educational goal (J.
R. David, 1976). Strategi pembelajaran dapat diartikan sebagai perencanaan yang
berisi tentang rangkaian kegiatan yang didesain untuk mencapai tujuan
pendidikan tertentu. Strategi pembelajaran merupakan rencana tindakan
(rangkaian kegiatan) termasuk penggunaan metode dan pe-manfaatan berbagai
sumber daya atau kekuatan dalam pembelajaran yang di-susun untuk mencapai
tujuan tertenu. Dalam hal ini adalah tujuan pembela-jaran.
Pada mulanya istilah strategi banyak
digunakan dalam dunia militer yang diartikan sebagai cara
penggunaan seluruh kekuatan militer untuk memenang-kan suatu peperangan.
Sekarang, istilah strategi banyak digunakan dalam ber-bagai bidang kegiatan yang
bertujuan memperoleh kesuksesan atau keberha-silan dalam mencapai tujuan. Misalnya
seorang manajer atau pimpinan peru-sahaan yang menginginkan keuntungan dan
kesuksesan yang besar akan me-nerapkan suatu strategi dalam mencapai tujuannya
itu, seorang pelatih akan tim basket akan menentukan strategi yang dianggap
tepat untuk dapat meme-nangkan suatu pertandingan. Begitu juga seorang guru
yang mengharapkan hasil baik dalam proses pembelajaran juga akan menerapkan
suatu strategi agar hasil belajar siswanya mendapat prestasi yang terbaik.
Strategi pembelajaran adalah suatu kegiatan pembelajaran yang harus dikerjakan guru dan siswa agar tujuan pembelajaran
dapat dicapai secara efek-tif dan efisien. Kemp (1995). Dilain pihak Dick
& Carey (1985) menyatakan bahwa strategi pembelajaran adalah suatu set
materi dan prosedur pembela-jaran yang digunakan secara bersama-sama untuk
menimbulkan hasil belajar pada siswa.
Strategi pembelajaran merupakan hal yang perlu di perhatikan oleh se-orang
instruktur, guru, widyaiswara dalam proses pembelajaran. Paling tidak ada 3
jenis strategi yang berkaitan dengan pembelajaran, yakni: (a) strategi
pengorganisasian pembelajaran, (b) strategi penyampaian pembelajaran, dan (c)
strategi pengelolaan pembelajaran.
1.
Strategi Pengorganisasian
Pembelajaran
Reigeluth, Bunderson dan Meril (1977) menyatakan strategi mengorga-nisasi
isi pelajaran disebut sebagai struktural strategi, yang mengacu pada ca-ra
untuk membuat urutan dan mensintesis fakta, konsep, prosedur dan prinsip yang
berkaitan.
Strategi pengorganisasian, lebih lanjut dibedakan menjadi dua jenis, ya-itu
strategi mikro dan strategi makro. Startegi mikro mengacu kepada metode untuk pengorganisasian isi pembelajaran yang
berkisar pada satu konsep, atau prosedur atau prinsip. Strategi makro
mengacu kepada metode untuk mengor-ganisasi isi pembelajaran yang melibatkan
lebih dari satu konsep atau prose-dur atau prinsip.
Strategi makro berurusan dengan bagaimana memilih, menata urusan, membuat
sintesis dan rangkuman isi pembelajaran yang saling berkaitan. Pe-milihan isi
berdasarkan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai, mengacu pa-da penentapan
konsep apa yang diperlukan untuk mencapai tujuan itu. Pena-taan urutan isi
mengacu pada keputusan untuk menata dengan urutan tertentu konsep yang akan
diajarkan. Pembuatan sintesis diantara konsep prosedur atau prinsip. Pembauatn
rangkuman mengacu kepada keputusan tentang ba-gaimana cara melakukan tinjauan
ulang konsepnserta kaitan yang sudah dia-jarkan.
2.
Strategi
Penyampaian Pembelajaran.
Strategi penyampaian isi
pembelajaran merupkan komponen variabel
metode untuk
melaksanakan proses pembelajaran. Fungsi strategi penyam-paian pembelajaran
adalah: (1) menyampaikan isi pembelajaran kepada pebe-lajar, dan (2) menyediakan
informasi atau bahan-bahan yang diperlukan pe-belajar untuk menampilkan unjuk
kerja.
3. Strategi Pengelolaan Pembelajaran
Strategi pengelolaan
pembelajaran merupakan komponen variabel me-tode yang berurusan dengan
bagaimana menata interaksi antara pebelajar de-ngan variabel metode
pembelajaran lainnya. Strategi ini berkaitan dengan pe-ngambilan keputusan
tentang strategi pengorganisasian dan strategi penyam-paian mana yang digunakan
selama proses pembelajaran. Paling tidak, ada 3 (tiga) klasifikasi penting
variabel strategi pengelolaan, yaitu penjadwalan, pembuatan catatan kemajuan
belajar siswa, dan motivasi.
Beberapa Istilah dalam
Strategi Pembelajaran
Beberapa istilah yang hampir sama dengan
strategi yaitu metode, pendekatan, teknik atau taktik dalam pembelajaran.